21 Juli 2012

Tetap Bugar di Awal Puasa dengan Konsumsi Gizi yang Tepat

Tidak dipungkiri bahwa di awal puasa tubuh seringkali menjadi lesu dan tidak bersemangat. Hal ini dikarenakan tubuh tidak terhidrasi dengan baik di saat puasa. Ditambah lagi konsumsi makanan yang tidak sehat sehingga kebutuhan nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi akibatnya tubuh cepat merasa lelah dan rasanya ingin tidur terus di sepanjang hari itu. Keadaan ini terutama terlihat di awal puasa, dimana tubuh belum beradaptasi dengan jam biologis di saat puasa. Berikut tips untuk tetap bugar di awal puasa :
  1. Biasakanlah Makan Sahur
    Makan sahur adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat menjalankan pada ibadah puasa namun seringkali orang malas melakukannya sebab harus bangun dini hari untuk makan. Seringkali orang memilih untuk melanjutkan tidur daripada makan sahur padahal sahur adalah saat persiapan untuk mencukupi kebutuhan  nutrisi sebelum menjalankan puasa. Makanlah dengan cukup, jangan berlebihan ataupun kurang.
  2. Konsumsi Sayuran dan Buah Segar
    Saat sahur dan berbuka biasakanlah mengkonsumsi sayuran dan buah. Sebab sayur dan mengandung serat tinggi sekaligus berbagai macam vitamin yang membuat tubuh menjadi lebih bugar. Selain itu sayur dan buah mengandung banyak cairan sehingga tubuh akan terhidrasi dengan baik. Jangan makan mie instan sebagai makan sahur karena mie instan mengandung gluten yang kurang baik untuk pencernaan dan bisa menimbulkan pusing atau lemas apalagi saat kondisi tubuh setelah berpuasa.
  3. Minumlah Air Putih
    Minumlah air putih 8 gelas per hari saat berbuka dan sahur agar tubuh tidak mengalami dehidrasi setelah seharian berpuasa
  4. Konsumsi Vitamin
    Konsumsilah secara teratur saat berbuka ataupun sahur vitamin A, B dan C supaya badan menjadi lebih bugar saat menjalankan ibadah puasa. Vitamin juga bisa didapatkan dari sayuran hijau, kacang-kacangan dan buah-buahan.
  5. Olahraga
    Biasakan olahraga ringan setelah sahur seperti jalan kaki, lari-lari kecil. Tubuh akan terasa lebih bugar dan bersemangat setelah berolahraga.
  6. Jadikan Madu sebagai Pengganti Gula
    Kurangilah konsumsi gula sebab kadar gula darah yang tinggi membuat tubuh menjadi cepat lelah serta ginjal bekerja lebih keras. Gunakan madu sebagai pengganti gula selain rasanya yang manis alami juga madu dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh apalagi saat berpuasa.
Dengan melakukan tips diatas tetap bugar di awal puasa bukan lagi hal yang mustahil selain tubuh menjadi bugar ibadah pun semakin lancar

0 komentar:

Posting Komentar